Pengaruh Harga, Promo Gratis Ongkir, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Marketplace Shopee
Keywords:
Harga, Promo Gratis Ongkir, Online Customer Review, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui permasalahan yang terjadi pada Shopee. Khususnya mengetahui permasalahan mengenai Harga, Promo Gratis Ongkir dan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian. Data dilakukan dengan disebarkan secara acak 161 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Rsquare model 1 menunjukkan angka Rsquare sebesar 0,341. Maka pengaruh Harga, Promo Gratis Ongkir dan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 34,1% sedangkan sisanya (100% - 34,1% = 63,9%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Untuk nilai t diketahui bahwa thitung Harga (X1) adalah 7,610 dari tabel 1,655, thitung Promo Gratis Ongkir (X2) adalah 6,759, Online Customer Review (X3) adalah 5,931 dengan signifikansi Harga (X1) adalah 0,000, Promo Gratis Ongkir (X2) adalah 0,000 dan Online Customer Review (X3) adalah 0,000 di bawah 0,05 artinya secara parsial ada pengaruh yang signifikan antara harga, promo gratis ongkir dan online customer review terhadap keputusan pembelian secara online pada situs marketplace shopee.
Untuk nilai fhitung diketahui sebesar 28.653 dan Ftabel adalah 2,66. Apabila hasil dari perhitungan Fhitung > Ftabel yaitu 28.653 > 2,66 dan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti dapat dikatakan bahwa harga, promo gratis ongkir dan online customer review secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee.