PENGARUH KUALITAS PELAYANAN HARGA DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA RUMAH USAHA MIKRO (RUM)

Authors

  • Maeckel Andrianto Universitas Budhhi Dharma
  • Alexander Alexander Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Abstrak

 

Segala sesuatu yang berhubungan dengan manusia setiap kali akan mengalami perubahan, baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan juga pengaruh pada pola perilaku pesaing di dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini membuat timbulnya persaingan semakin ketat dalam dunia bisnis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas Pelayanan,Harga,dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada RUMAH USAHA MIKRO (RUM).

Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan merupakan konsumen RUMAH USAHA MIKRO (RUM) dan sampel yang diambil berjumlah 150 orang responden.

Hasil dari pengelolaan data diperoleh persamaan linier berganda Y = 4,081 + 0,453 X1 + 0,168 X2 + 0,133 X3 + e , artinya setiap ada peningkatan atau penurunan variabel X_1, X_2 dan X_3 sebesar 1 poin, maka variabel Y akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,453, 0,168 dan 0,133. Selain itu diperoleh hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat, pada penelitian ini dapat diperoleh nilai hubungan antara variabel Kualitas Pelayanan dengan Loyalitas Pelanggan sebesar 44,7% dan sisanya sebesar 55,3% dipengaruhi faktor-faktor lain, variabel Harga  dengan Loyalitas Pelanggan sebesar 50,7% dan sisanya sebesar 49,3% dipengaruhi faktor-faktor lain. Sedangkan hubungan antara Kepuasan Pelanggan dengan Loyalitas Pelanggan sebesar 53,7% dan sisanya sebesar 46,3 % dipengaruhi factor-faktor lain.

Dari penelitian diatas terbukti Kualitas pelayanan, Harga, dan Kepuasan Pelanggan mempengaruhi Loyalitas Pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-08