Implementasi Program Kampung Ramah Anak untuk Meningkatkan Kesiapan Menuju Bonus Demografi (Studi Kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tangerang pada RW 09 Kelurahan Periuk Kota Tangerang)

Authors

  • Baghas Budi Wicaksono Universitas Buddhi Dharma
  • Heri Satrianto Universitas Buddhi Dharma
  • Agus Kusnawan Universitas Buddhi Dharma
  • Sabam Simbolon Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31253/ad.v2i2.1741

Keywords:

Demografi, Deskriptif, Ekonomi, Ramah Anak, Usia Produktif

Abstract

Indonesia saat ini sedang dalam fase menuju Bonus Demografis, yaitu adalah kondisi dimana rasio penduduk usia produktif lebih besar dibanding rasio penduduk usia non-produktif. Secara teori ekonomi, hal ini dapat mengurangi rasio ketergantungan dan berpotensi untuk meningkatkan pendapatan per kapita di suatu Negara. Data-data empiris menunjukkan bahwa, banyak negara maju seperti Korea Selatan, Republik Rakyat Tiongkok, dan Kanada sudah berhasil untuk memanfaatkan bonus demografi untuk meningkatkan indikator ekonomi makro seperti pendapatan per kapita, pengentasan kemiskinan dan pengangguran, serta peningkatan kualitas pendidikan. Salah satu kunci dari bonus demografi yakni adalah memberikan fasilitas dan pendampingan secara penuh bagi calon penduduk usia produktif, dalam hal ini anak-anak yang kelak akan segera masuk menjadi usia produktif. Anak-anak harus dibekali dengan karakter, bukan hanya kecerdasan atau kompetensi kognitif saja. Lingkungan sekitar juga harus memastikan anak-anak bisa tumbuh dan berkembang. Penelitian pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lapangan dalam hal implementasi salah satu program hasil kolaborasi antara DP3AP2KB Kota Tangerang dengan RW 09 Kelurahan Periuk yakni adalah Kampung Ramah Anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan menggunakan data-data visual seperti foto untuk mengilustrasikan hasil implementasi program Kampung Ramah Anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Kampung Ramah Anak berjalan secara efektif dan optimal, hal ini diindikasi dengan adanya peningkatan partisipasi dan acara yang diadakan bersifat berkelanjutan.

Published

2022-10-25

How to Cite

Budi Wicaksono, B. ., Satrianto, H. ., Kusnawan, A. ., & Simbolon, S. . (2022). Implementasi Program Kampung Ramah Anak untuk Meningkatkan Kesiapan Menuju Bonus Demografi (Studi Kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tangerang pada RW 09 Kelurahan Periuk Kota Tangerang). Abdi Dharma, 2(2), 125–130. https://doi.org/10.31253/ad.v2i2.1741

Most read articles by the same author(s)