Penerapan Data Mining dengan Algoritma Apriori untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen di Violet Vape Store
Keywords:
Data Mining, Apriori, Aturan AsosiasiAbstract
Merokok sudah tidak menjadi hal yang baru untuk masyarakat di Indonesia. Perilaku merokok dianggap sebagai bagian dari gaya hidup dan kebutuhan. Peralihan dari rokok tembakau ke rokok elektrik atau disebut vaporizer menjadi salah satu cara lain yang dapat dilakukan untuk mengganti rokok tembakau. Dengan berkembangnya trend rokok elektrik atau vaporizer ini mendorong pasar vaporizer di masyarakat. Adanya trend vaporizer menimbulkan persaingan ketat, kurangnya promosi dan pengenalan produk-produk kepada konsumen menyebabkan penjualan yang rendah di toko Violet Vape Store. Untuk bertahan dan meningkatkan penjualan toko harus dilakukan promosi dan strategi yang tepat. Salah satunya adalah mempromosikan paket penjualan atau disebut bundling. Data transaski yang dimiliki oleh toko dapat dimanfaatkan dengan teknik data mining menggunakan algoritma Apriori untuk menemukan pola pembelian konsumen yang selanjutnya akan menemukan aturan asosiasi yang digunakan sebagai paket penjualan (bundling).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to the journal Algor, Universitas Buddhi Dharma as the publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases, and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic, and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with written permission from journal Algor.
journal Algor, the Editors, and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the journal Tech-E, Universitas Buddhi Dharma are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.