Penerapan Data Mining dengan Algoritma Apriori untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen di Violet Vape Store

Penulis

  • Herianty Herianty Universitas Buddhi Dharma
  • Desiyanna Lasut Universitas Buddhi Dharma
  • Raditya Rimbawan Oprasto Universitas Buddhi Dharma

Kata Kunci:

Data Mining, Apriori, Aturan Asosiasi

Abstrak

Merokok sudah tidak menjadi hal yang baru untuk masyarakat di Indonesia. Perilaku merokok dianggap sebagai bagian dari gaya hidup dan kebutuhan. Peralihan dari rokok tembakau ke rokok elektrik atau disebut vaporizer menjadi salah satu cara lain yang dapat dilakukan untuk mengganti rokok tembakau. Dengan berkembangnya trend rokok elektrik atau vaporizer ini mendorong pasar vaporizer di masyarakat. Adanya trend vaporizer menimbulkan persaingan ketat, kurangnya promosi dan pengenalan produk-produk kepada konsumen menyebabkan penjualan yang rendah di toko Violet Vape Store. Untuk bertahan dan meningkatkan penjualan toko harus dilakukan promosi dan strategi yang tepat. Salah satunya adalah mempromosikan paket penjualan atau disebut bundling. Data transaski yang dimiliki oleh toko dapat dimanfaatkan dengan teknik data mining menggunakan algoritma Apriori untuk menemukan pola pembelian konsumen yang selanjutnya akan menemukan aturan asosiasi yang digunakan sebagai paket penjualan (bundling).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-11-05

Cara Mengutip

Herianty, H., Lasut, D., & Oprasto, R. R. (2020). Penerapan Data Mining dengan Algoritma Apriori untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen di Violet Vape Store. ALGOR, 2(1), 40–47. Diambil dari https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/algor/article/view/454

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama