Pengaruh Net Profit Margin, Debt To Equity Ratio, Total Asset Turnover, Firm Size Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2020)

Authors

  • Christina Dwi Giyarti Universitas Buddhi Dharma
  • Eso Hernawan Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Rasio Keuangan, Laporan Keuangan, Ukuran Perusahaan, Laba Bersih

Abstract

Usaha dalam property dan real estate merupakan suatu usaha yang dikenal dalam persaingan yang ketat. Dengan bertambahnya masyarakat sama dengan bertambahnya kebutuhan manusia akan tempat tinggal, pusat perbelanjaan, perkantoran, maka terjadilah kenikan harga pada bidang property dan real Estate.

Mengetahui pengaruh NPM, DER, TATO serta Firm Size  terhadap Profitabilitas.

Metode yang digunakan penulis dalam menentukan sampel ialah metode purposive sampling merupakan metode pengambilan sampel berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Peneliti mengolah data dengan Eviews 10.

Hasil penelitian yang didapatkan ialah  variabel NPM, DER, dan TATO mempunyai pengaruh terhadap profitabilitas. Sedangkan Firm Size tidak mempunyai pengaruh  terhadap profitabilitas secara keseluruhan. 

Kesimpulan yang dapat didapatkan yakni, variabel NPM, DER, TATO serta Firm Size mempunyai pengaruh terhadp profitabilitas sebesar 95.7%  sisanya 4.3% diterangkan oleh variabel lainnya yng tdak ditliti.

Published

2022-06-28