Pengaruh Profitabilitas, Financial Leverage Dan Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance

Authors

  • Randy Randy Universitas Buddhi Dharma
  • Susanto Wibowo Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitabilitas, Financial Leverage, Corporate Governance, Tax Avoidance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang Pengaruh Profitabilitas, Financial Leverage, dan Corporate Governance terhadap Tax Avoidance. Variabel independen yang digunakan adalah Pengaruh Profitabilitas, Financial Leverage, dan Corporate Governance. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah Tax Avoidance.

Penelitian ini mengamati laporan keuangan perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai objek penelitian periode tahun 2016 -2019 , karena perusahaan properti dan real estate memiliki prospek yang baik di masa yang akan datang dengan melihat potensi jumlah penduduk yang terus bertambah besar, semakin banyaknya pembangunan di sektor perumahan, apartemen, pusat-pusat perbelanjaan dan gedung-gedung perkantoran yang membuat investor tertarik untuk menginvestasikan dananya sehingga prospek perdagangan saham akan terus meningkat.

Populasi dalam penelitian ini berjumlah 52 perusahaan yang termasuk dalam perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2019. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 19 perusahaan property dan real estate berdasarkan kriteria tertentu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan menggunakan software SPSS 25.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, secara parsial Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Tax Avoidance, Financial Leverage berpengaruh signifikan terhadap Tax Avoidance, dan Corporate Governance tidak berpengaruh signifikan terhadap Tax Avoidance. Dan secara simultan Profitabilitas, Financial Leverage , dan Corporate Governance berpengaruh terhadap Tax Avoidance.

Published

2022-06-28