Analisa Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris dan Leverage terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Perusahaan Consumer Goods Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016–2021)
Keywords:
Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Leverage, Corporate Social ResponsibilityAbstract
Penelitian ini melihat dampak Ukuran Dewan, Ukuran Perusahaan, dan Leverage pada Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Populasi penelitian ini yakni laporan keuangan perusahaan manufaktur sub sektor farmasi di BEI 2016-2021. Sampel ditentukan melalui purposive sampling dengan sampel tujuh perusahaan selama enam tahun pengamatan, menghasilkan total 42 sampel. SPSS Ver.25 digunakan untuk menganalisis data penelitian. Pengujian dijalankan menggunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian diketahui ukuran Dewan Komisaris dan Leverage berdampak kecil pada Corporate Social Responsibility, namun ukuran perusahaan berdampak besar. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dipengaruhi oleh Ukuran Perusahaan, Leverage, Ukuran Dewan Komisaris secara bersamaan.