Pengaruh Sales Growth Dengan Ketidak pastian Lingkungan dan Kepemilikan Institusional Terhadap Tax Avoidance (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)

Authors

  • Gebby Universitas Buddhi Dharma
  • Susanto Wibowo Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Sales Growth, Ketidakpastian Lingkungan, Kepemilikan Institusional, Tax Avoidance

Abstract

Dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris pengaruh sales growth, ketidakpastian lingkungan dan kepemilikan institusional terhadap tax avoidance. Pengukuran tax avoidance dalam penelitian ini menggunakan Effective Tax Rate (ETR).
Variabel independen yaitu sales growth, ketidak pastian lingkungan, dan kepemilikan institusional. Dalam analisis ini, sampel menggunakan data sekunder yang di peroleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2020. Sampel ini diambil dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 17 perusahaan tetapi setelah dilakukan. uji outlier sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 48 selama periode pengamatan 4 tahun. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sales growth berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance, ketidak pastian lingkungan berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance sedangkan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-15

Most read articles by the same author(s)