Pengaruh Diskon, Promosi, Digital Marketing, Brand Image, dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Shopee Kota Tangerang

Authors

  • Stephani Wijaya Universitas Buddhi Dharma
  • Agus Kusnawan Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Diskon, Promosi, Digital Marketing, Brand Image, Kepercayaan Konsumen

Abstract

Observasi ini bermaksud untuk melihat pengaruh diskon, promosi,digital marketing, brand image,dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi Shopee Kota Tangerang. Tipe observasi yang dilakukan dalam observasi ini ialah survei. Populasi dalam observasi ini ialah penduduk Kota Tangerang. Metode pengutipan sampel memakai metode pengambilan sample dengan total sampel dengan kuantitas 100. Sistem perangkuman data memakai kuesioner sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode kajian data yang dipakai demi menanggapi dugaan observasi ini ialah regresi berganda.
Hal yang didapatkan dari analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y =3,836 + 0,543X1 + 0,550X2 + 0,232X3 + 0,279X4 + 0,430X5 artinya ketika diperoleh pengembangan atau penyusutan senilai 1 poin, hingga keputusan melakukan transaksi beli konsumen akan terjadi pengembangan atau penyusutan senilai 0,543, 0,550, 0,232, 0,279, dan 0,430 Hasil koefisien determinasi antara pengaruh diskon, promosi, digital marketing, brand image dan kepercayaan konsumen mempengaruhi keputusan pembelian senilai 91,9% dan lebihnya sebesar 8,1% diakibatkan oleh faktor lainnya yang bukan termasuk kedalam observasi ini. Berlandaskan yang dihasilkan dari pengujian dugaan didapati dampak antar variabel X1 oleh Y secara parsial membuat perbandingan t hitung 3,211 > t tabel 0,2540 dengan derajat signifikan 0,000 < 0,05, variabel X2 oleh Y secara sendiri-sendiri membuat perbandingan t hitung 3,115 > t tabel 2,36624 dengan derajat signifikan 0,000 < 0,05, variabel X3 oleh Y secara sendiri-sendiri membuat perbandingan t hitung 2,458 > t tabel2, 36624 dengan derajat signifikan 0,000 < 0,05, variabel X4 oleh Y secara sendiri-sendiri membuat perbandingan t hitung 3,715 > t tabel 2,36624 dengan derajat signifikan 0,000 < 0,05, variabel X5 oleh Y secara sendiri-sendiri membuat perbandingan t hitung 5,139 > t tabel 2,36624 dengan derajat signifikan 0,000 < 0,05. Hal ini artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan dampak antar variabel X1,X2, X3, X4, dan X5 dengan Y secara simultan membuahkan hasil yang membuat perbandingan antara F hitung 101,912 > F tabel 0,247 dan tingkatan signifikansi 0,000 <0,05. Hasilnya berarti adanya pengaruh antar diskon, promosi, digital marketing, brand image, dan kepercayaan konsumen secara simultan terhadap keputusan pembelian pada pengguna Shopee Kota Tangerang.

Published

2022-10-15

Most read articles by the same author(s)