Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di PT. Surya Bumi Permata

Authors

  • Serlina Serlina Universitas Buddhi Dharma
  • Nana Sutisna Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Promosi, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen di PT. Surya Bumi Permata. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu promosi dan kualitas produk, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu keputusan pembelian konsumen.

Hasil dari analisis tersebut terdapat persamaan Y = 26,330 + 0,272 X1 + 0,147 X2, yang diartikan bahwa apabila terjadi peningkatan maupun penurunan dari variabel bebas (X1 dan X2) sebesar 1 poin, maka keputusan pembelian konsumen akan naik atau turun dengan  nilai konstan sebesar 26,330, nilai promosi sebesar 0,272, dan nilai kualitas produk sebesar 0,147.

 Dari uji korelasi diketahui bahwa promosi mempengaruhi sebesar 40,4% dan kualitas produk mempengaruhi sebesar 33,6% terhadap keputusan pembelian konsumen secara bersama-sama. Kedua variabel mempengaruhi dan menjelaskan variabel keputusan pembelian konsumen sebesar 41,7% secara simultan, sedangkan sisanya 58,3% dijelaskan oleh variabel lain.

Berdasarkan uji hipotesis untuk promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen diperoleh nilai f hitung sebesar 10,209 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan fhitung > ftabel atau 10,209 > 3,09. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang positif antara promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-27

Most read articles by the same author(s)