PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, LINGKUNGAN KERJA, DAN BEBAN KERJA TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN DI PT. CLC NIAGA INDONESIA

  • Marta Anugrah April Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Pada umumnya sulit bagi perusahaan untuk membangun loyalitas karyawan. Karyawan yang memiliki loyalitas tinggi membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, lingkungan kerja, dan beban kerja terhadap loyalitas karyawan.


Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan pendekatan survei secara langsung dengan teknik sampling jenuh yang dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. CLC Niaga Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 25.


Berdasarkan analisis data yang dilakukan oleh peneliti, menunjukan bahwa variabel Budaya Organisasi (Variabel X1), Lingkungan Kerja (Variabel X2), dan Beban Kerja (Variabel X3) secara simultan berpengaruh positif terhadap Loyalitas Karyawan, Namun, secara parsial hanya variabel Budaya Organisasi (Variabel X1) yang berpengaruh positif terhadap Loyalitas Karyawan.


Bagi Perusahaan implementasi budaya organisasi kepada karyawan sejauh ini sudah cukup baik. Ada baiknya perusahaan jangan merasa puas dengan apa yang sudah dicapai sekarang ini, namun sebaliknya terus melakukan inovasi untuk terus berkembang kearah yang lebih baik, dan memperbaiki hal-hal yang masih belum maksimal..

Published
2021-12-08
How to Cite
APRIL, Marta Anugrah. PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, LINGKUNGAN KERJA, DAN BEBAN KERJA TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN DI PT. CLC NIAGA INDONESIA. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 184-196, dec. 2021. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/718>. Date accessed: 16 jan. 2022.