Keberpihakan Pada Sebuah Produk: Meninjau Faktor Promosi, Citra Merek dan Kualitas Produk Pada Keputusan Pembelian Konsumen
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk memahami faktor-faktor yang membuat masyarakat berpihat pada sebuah produk pada keputusan pembeliannya. Landasan yang dilakukan peneliti untuk mengukur adalah foktor promosi, pembangunan citra merek dan kualitas produk yang dilakukan perusahaan Pepsodent pada berbagai media. Kegiatan ini dilakukan bulan Maret sampai Juli tahun 2024 di Jakarta Timur. Karena jumlah populasi tidak diketahui, maka untuk mendapatkan jumlah sampel digunakan formula Lameshow dengan alpha 7% diperoleh sample sebanyak 196 responden. Metode yang dipake peneliti ialah deskriptif korelasi untuk menjelaskan pengaruh variabel bebasnya terhadap variabel terikatnya. Data primer diperoleh dari jawaban kuesioner kuesioner yang dibagikan terhadap responden dan serta data sekunder dari pustaka-pustaka maupun literatur-literatur yang terkait dengan topik penelitian ini. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan SPSS menggunakan regresi linier berganda. Sebelum dilakukan analisis dengan regresi linier berganda, terlebih dahulu dilakukan uji-uji persyaratan meliputi uji kualitas data meliputi validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji heterokedastisitas dan mulkolinieritas. hasil penelitian ini secara parsial faktor promosi berpengaruh 72.3%, citra merek berpengaruh 61.4%, dan kualitas produk berpengaruh sebesar 61.5% pada keputusan pembelian konsumen pada pasta gigi Pepsodent di Jakarta Timur. Secara simultan semua variabel bebas berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen pasta gigi Pepsodent dengan F Test 32.423 pada signifikansi 0.00 < 0.05
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Abstract views: 4 / PDF downloads: 9